Friday, July 13, 2012

Ketawa Sinis

Perkembangan terbaru soal catatan sipil. Belum ada. Kecuali hal yang sedikit bikin ketawa sinis. Awalnya karna Pak RT sempat bikin aku bingung, maka aku berencana minta tolong karyawan bokap untuk bantu urusin. Dan juga karna emang sebelumnya dia udah nawarin aku untuk bantu urusin urusan n1-n4 ke kelurahan. 

Ya udah, waktu aku nanya soal biaya (emang aku sengaja mancing; somehow aku ngga percaya kalau dia tulus mau bantuin; soalnya kebanyakan jelek2in si Pak RT dan muji diri dia sendiri).

Dan jawaban dia soal biaya (pengurusan surat N1-N4) adalah: HARUS KASIH KE PAK RW 50RB, KASIH KE PAK RT 50RB. Dan kelurahan nanti ada lagi. Pengen ketawa sinis ngga dengar jawaban kayak gitu? Dan aku masih sabar, kasih info ke dia kalau bokap udah kasih si Pak RT uang 100rb waktu bikin KTP. Dan si karyawan bokap ini dengan menggebu2 bilang kalau itu kan untuk urus KTP. Dan aku bilang kalau Pak RT udah ngerti itu sekalian untuk urus N1-N4 dan aku akan tambahin 50rb lagi nanti. TAPI si karyawan bokap ini rupanya sangat ingin "membela" Pak RT dll yaaa... Padahal niatnya aku tau banget! 

Waktu dia masih terus bilang uang yang sebelumnya itu untuk urus KTP aja, sambil senyum2 licik; baru di situ nada suaraku agak keras dan bilang ke dia; kalau aku harus kasih pak rw 50rb, pak rt 50rb, dan kelurahan ngga tau berapa lagi, mending gw urus sendiri. Dan aku nyindir dia dengan bilang kalau pak rt/pak rw gila ya, cuma minta cap doang musti kasih masing2 50rb??

Dan tiba2 dia ngga senyum2 lagi dan langsung bilang: "kasih 20-20 aja kalau gitu rw sama rt-nya.... nanti gw bantu omongin kalau uang yang waktu itu bukan cuma untuk bikin ktp tapi urus surat n1-n4 juga". TIBA2 BISA BERUBAH DAN SOK TAU PULA SEOLAH2 PAK RT MEMPERMASALAHKAN. 

Aku males banget denger dia ngomong. Padahal Pak RT juga ngga pernah ngomongin soal biaya dan aku yakin banget Pak RT juga taunya uang 100rb itu sekalian untuk urus surat n1-n4 karna aku sebelumnya udah ngomong ke dia dan besoknya baru bokap kasih uang itu. Tapi biar gitu aku emang niat tambahin 50rb. Tapi si karyawan bokap ini matanya benar2 digelapkan uang sampai ngga bisa denger kebegoan omongan sendiri.

Bahkan aku sempat bilang ke dia kalau sebenarnya aku ngga perlu kasih uang ke orang2 itu, harusnya ngurus ktp itu kan gratis. Dan untuk urusan catatan sipil aku bisa ngertilah kalau harus bayar. Tapi si karyawan bokap ini... ya ampun, dia dengan polosnya bilang emang harusnya gratis tapi kan ada biroGrasi. BiroGrasi harus ada. Kita harus tetap bayar. NGOTOT ABIS. KETAUAN BANGET KALAU DIA BUKAN DIPIHAKKU TAPI "DI PIHAK" ORANG2 ITU. DAN KETAHUAN BANGET DIA NGGA NIAT BANTU AKU, CUMA PENGEN NYARI UANG DARI AKU. 

Dan lucunya sebelumnya waktu dia nawarin diri untuk bantuin aku urus, dia ngomong gini: "Ntar lu kira gw ambil duit lu lagi..." Padahal sekarang jelas banget kalau itu emang niatnya. Jelek2in pak rt, bilang pak rt ngga bisa kerja, ngga tau apa2, dan dia yang lebih ngerti dan suruh aku siapin ini, siapin itu. Tapi ini dan itunya abstrak banget, ngga jelas. DAN PAKAI ACARA WANTI2 JANGAN KASIH TAU BOKAPKU (KARNA BOKAPKU UDAH SURUH AKU UNTUK SURUH PAK RT YANG URUS).

Ah, tadinya aku kasihan sama dia dan mikir mending uangnya kasih ke dia aja. Tapi waktu dia denger soal aku awalnya niat kasih 50rb DOANG, ya ampun................................ langsung kasih jabaran harus kasih uang ke si anu, si anu, si anu.......... capek!

Akhirnya aku tetap suruh pak rt yang urus, karna ngga enak hati sebelumnya udah nyuruh dia. Dan aku lagi nungguin KTP Ryan selesai. Katanya kemarin udah selesai (dia yang duluan bikin, aku yang selesai duluan). 

Anyway... bukannya aku ngga mau urus sendiri ke kelurahan... tapi aku rasa kalau lewat pak rt, biaya akan lebih minimal. Apalagi bokap juga udah kasih ke dia sebelumnya. Aku benar2 ngga mau keluar lebih dari 50rb, karna aku ngga rela. Bukan karna pelit, tapi karna aku ngga mau momen weddingku ini dimanfaatin orang2 untuk meraup uang yang bukan hak mereka dan juga bukan kewajibanku!

No comments:

Post a Comment

Hi.. thanks for your comment, will reply as soon as possible :)