Thursday, December 1, 2011

Make Up ala Korea

Sebelumnya aku pernah cerita kalau aku ini tipe bride yang maunya simple from head to toe, kan? Akhirnya kemarin (30/11/2011) aku dapat pencerahan (tentang make-up) setelah nonton acara Mnet Asian Music Award* (MAMA) 2011 di Indosiar. *(Salah satu acara penghargaan musik terbesar di Korea Selatan).

Karna aku bukan tipe pecinta KPop, jadinya belum pernah aku dengan khusus browsing tentang mereka. Dan kalau pun aku bisa tahu dikit2 tentang Miss A, 2NE1, dll, itu karna beberapa temanku di FB suka share link video mereka dan kalau lagi ngga ada kerjaan; aku suka liatin. Tapi itu jarang banget!

Dan setelah tanpa sengaja nonton MAMA 2011 tsb, pastinya aku jadi bisa lihat para artis dan penyanyi Korea itu ngumpul jadi satu. Dan setelah lihat mereka ngumpul gitu, ada satu hal yang aku sadari... yaitu....... DANDANAN MEREKA KOK SAMA ------->> muka putih bersih, smokey eye/cat eye, dll, intinya ngga banyak warna-warni gitu. Tapi aku suka banget... soalnya kelihatan alami banget alias ngga menor. (terlepas dr isu struktur wajah yang kena operasi/ngga operasi).

Contohnya ini:
klik utk perbesar

Karna penasaran aku langsung browsing di Google, nyari tau tentang make up Korea. Dapat link ini: Panduan Make Up ala Korea suka banget!

Berikut ini aku rangkum CIRI KHAS MAKE UP KOREA dari LINK INI (note di fb-nya Dare to Be - Indonesia):
  • flawless & shiny skin. Berani tampil cantik tanpa too much make-up. 
  •  kunci utamanya adalah perfect complexion. Bagi yang berjerawat atau punya noda bekas jerawat, cover it with concealer dengan max/full coverage untuk mendptkan hasil flawless look.
  • less is more! Gunakan eyeshadow warna alami, atau tanpa eyeshadow sama sekali.
  • gunakan shimmer di beberapa tempat (area mata), untuk hasil shiny look.
  • eyeliner is a must! Garis hitam tipis2 di tightline (garis terdalam) kelopak mata atau tambahkan aksen "cat eye" untuk mempertajam bentuk mata.
  • Mascara sangat penting. Yang paling sering digunakan adalah warna hitam.
  • gunakan warna lipstik natural/nude untuk bibir. Tambahkan lipgloss utk kesan shine dan alami.
  • blush on warna cerah dan oleskan tipis2 aja.
  • rapikan dan tebalkan alis dengan mascara (kalau perlu), karna ciri khas make-up Korea adalah alis yang tebal, lurus atau segitiga.
  • and yes, Korean ppl have a secret; mereka menggunakan BB Cream (Blemish Balm Cream), semacam krim yang berfungsi sebagai pelembab dan foundation (and said to be healing acnes & blemishes). Efek utama BB Cream ini adalah kulit wajah akan nampak flawless karena noda-noda tertutupi.

    Dan tentang BB Cream itu, aku co-pas dari http://en.wikipedia.org/wiki/BB_cream ok... ;)


    From Wikipedia, the free encyclopedia
    • BB cream, also known as Blemish Balm, Blemish Base or Beblesh Balm, is a cosmetic item sold mainly in East and Southeast Asia. 
    • Originally formulated in Germany by Dr. med. Christine Schrammek, it was initially used by dermatologists to help laser surgery patients protect, soothe and refine highly sensitive skin while providing light coverage for post-laser scars, acne and other blemishes. BB creams come in a variety of different formulations and qualities. 
    • Some are said to have skin whitening or brightening properties. Others are anti-acne, some are anti-wrinkle, some are intended to even out skin tone, and yet others to lighten blemish scars. BB creams are sometimes used like a primer under foundation, and if tinted may even replace foundation and some newer ones will have functions of primer, foundation, moisturizer, sun block, pore minimization and skin refining together which can save time and money in make-up. 
    • Brands on the market aside others include BRTC - Bio Remedies Therapeutic Cosmetic, Dr. Jart, Lioele, Skin Food, Etude, The Face Shop, Missha and SKIN79
    • In recent years BB cream has gained a huge following for its skin-regenerating functions and is now also widely used in Asia to provide natural-looking skin coverage. It has been named "the secret of Korean actresses", which gained it large exposure in Asian markets.
    Aku yakin seyakin-yakinnya banyak dari kalian yang udah tau tentang BB Cream ini atau dandanan ala Korea di atas, so tulisanku ini mungkin agak telat. Tapi pastinya ada juga kamu2  yg senasib dgn aku a.k.a belum tau; harapanku cuma 1, semoga tulisan/rangkuman-ku ini berguna... :)

    In the end, aku senang; akhirnya aku ngga perlu pake bahasa isyarat atau bahasa ribet untuk jelasin jenis make-up yang aku mau. Aku tinggal bilang aja, "Aku mau make-up ala Korea." dan kalau si MUA nanya, "Make-up ala Korea yang kayak gimana ya?" Aku tinggal kasih tau rinciannya deh. (tapi keterlaluan sih klo sampe ga tau!)

    No comments:

    Post a Comment

    Hi.. thanks for your comment, will reply as soon as possible :)