Tuesday, November 22, 2011

Ke Dokter Kulit

Hi teman2... ngga ada angin, ngga ada hujan apalagi badai; tiba2 aku mutusin untuk ke dokter kulit...! Awal mulanya karna aku lagi pms... klo lagi pms kyk skrg biasanya jerawat suka nongol..., terutama di sekitar dagu --> merah2 gitu... :'( Castor Oil kebanggaanku cuma bisa bikin radangnya mendingan tapi ngga sembuhin sampe ke akar... Karna nanti mau foto prewed, aku ngga mau mukaku kayak gini... Biarpun bisa dan pasti di-edit tapi aku tetap ngga mau...!

So tadi sore, sambil duduk2 di taman Central Park, aku browsing2 ttg klinik kecantikan yang bagus... aku search JMB dan Marlene W Donovan tapi dua2nya kayaknya terlalu serius utk aku... Trus keingat juga sama Erha Clinic --> ownernya si dokter Ronny Handoko yang buka praktek di Jemb.Lima. (Tanteku pake Erha Clinic dan mukanya jadi mulus banget dan blushing gt.)

So aku baca review2 ttg Erha..., abis itu kepikiran kenapa aku ngga datangin ownernya aja langsung drpd ditangani sama anak buahnya?! Jadi aku mantapin keputusan untuk ke Dokter Ronny dan aku udah baca kalau di sana harus daftar dulu dan pasti antri lama, makanya aku kepikiran sepulang dari CP ini (ntn bareng Indonesia-Malaysia di Burger King--udh kyk naik Halilintar aja efeknya!!), mau mampir ke dokter Ronny di Jemb. Lima utk daftar buat hari lain.

Setelah pulang dari CP dengan kekecewaan dan kekesalan karna Indonesia kalah..., aku dan Ryan jalan ke tempat praktek Dr. Ronny di Jemb Lima. Sampe di sana kira2 jam 11 malam. (untungnya pas hari prakteknya! kita ga tau klo dia praktek cuma di hari tertentu!)


Waktu aku mau daftar, penjaganya (2 orang bapak2 --> ngga ramah) bilang pendaftaran udah ditutup. Daftar harus by phone (daftar hari ini; untuk hari ini!) Yaudah kita kecewa tapi tiba-tiba bapak yang satu lagi bilang, "udah, ditunggu aja."

Aku dan Ryan bingung maksudnya apa, tapi salah satu pasien yang lagi mau daftar ulang bilang, "tunggu aja, masih bisa terima kayaknya..."

Yaudah kita tunggu bentar dan bapak yang tadi suruh tunggu minta isi dataku (ryan yg isi--pas2an aku ke toilet) bayar biaya pendaftaran awal 10rb. ---> niat awal cuma mau daftar utk hari lain, eh malah jadi langsung nunggu giliran diperiksa si dokter.

Sambil nunggu antrian, aku iseng2 foto2in tulisan yang ditempel di tembok, salah satunya ini:


Beruntungnya aku adalah aku nunggu ngga begitu lama utk masuk. Mungkin karna hari Senin ini lebih sepi?! Mungkin karna ada bola?! Atau mungkin karna udah malam?! Yang jelas cuma ngantri kira-kira 5 orang.

Oh ya, sebelumnya aku sering baca-baca review ttg dokter Ronny, banyak yang bilang kalau dia rada judes dan galak. Pernah juga ngomelin orang karna disuruh sebulan balik tp bbrp bln kemudian baru balik; jadinya dia diomelin, etc. Berdasarkan apa yang aku baca itu, aku bayangin mukanya keras dan tanpa senyum.

TAPI TERNYATA... MUKANYA MIRIP SPT INI:
Emil Salim - mantan menteri Orba
Ya miripnya ngga mutlak tp gambarannya ya kurang lebih seperti Bpk Emil Salim itu; lebih muda sedikit doang, pipinya blushing, perawakannya lembut, orangnya to the point, ngga suka basa-basi, tapi sangat helpful dan ngga sombong, malahan dia mau jawab pertanyaan kita dgn bnr (soalny aku ud pengalaman anterin nenek-ku ke dokter jantung yg super terkenal di RS yg cukup besar; sang dokter ngga begitu mau jwb pertanyaan kita!! Kalaupun jawab, paling cuma sekata dua kata; ngmg cuma yg penting2 aja.) Tapi dokter Ronny ini aku langsung tau dia ngga kyk gitu. 

Begitu masuk ruangan, dia langsung suruh aku dan Ryan duduk, trus ada 1 suster yg catet namaku dll. Si dokter Ronny juga catet sesuatu ke bukunya. Selesai catet dia suruh aku duduk di tempat tidur pasien gitu... di sampingnya ada lampu terang banget buat lihat keadaan muka. Waktu aku duduk, dia tanya: "Kenapa?" Aku mikir, ngapain lagi dia tanya gitu, gw ke sini ya pasti mau sembuhin jerawat dong? Tp habis itu aku ngeh, dia ini kan dokter kulit, jadi yang nyari dia pasti bukan cuma masalah jerawat aja. Aku jawab, "jerawat".

Yaudah dia langsung deketin lampu itu ke mukaku kiri-kanan diliatin dan dia langsung bilang kalau kulitku ada 2 kecenderungan, kering dan berminyak. 

Kalau kena sinar matahari--merah--lgsg kering.  
Kalau kena panas--keringat--berminyak--lgsg jadi jerawat

Dalam hatiku bener banget itu. Salut karna baru dia yg ngmg gitu.. dulu ak pernah ke bbrp dokter kulit--yg ada: mukaku di peeling dsb-->pdhl klo ad jerawat ga boleh peeling (ini ak br tau.) 

Habis itu balik lagi ke mejanya. Dia tanya2 aku, kapan terakhir mens, ak jawab bentar lg mau mens, lg pms; dia lgsg tanya; mukaku kyk gini ud lama/blm (pasti dia mau tau ak jerawat krn hormon yg ga stabil atau emg ini penyakit kulitku!) trus dia tanya aku ada alergi obat ga. 

Bla bla bla...

Habis itu dia tulisin resep utk aku. Ada 2 resep karna obat di resep ke-dua baru bisa diambil besok di lantai 2 karna skrg ud tutup. Setelah ngasih resep, dia jelasin cara dan urutan pemakaian. Overall, dokter Ronny itu ngga seperti yang aku bayangin selama ini. Malah orangnya kelihatannya baik biarpun ngga banyak ngomong.


Ini obat2 di resep yang pertama:
6 jenis - total 322rb

Yang paling tinggi itu adl sabun cuci muka, isinya kyk gini: (isi ini mirip banget sama sabun Murad yang pernah aku ceritain; ada scrubnya dan warna pun kurang lebih sama. Gampang dibilasnya.)

Karna mukaku kering juga, aku dikasih moisturizer yang isinya bening:

Terus Foundation; bau-nya mirip2 minyak ikan tapi ngga nyengat!

Ga ketinggalan obat jerawatnya; ada dua jenis, yang pertama; diolesin ke seluruh muka:

Yang ke-dua ditotolin pake cotton bud ke jerawat2nya aja: (yang ini mirip juga sama obat jerawatnya Murad! Cuma beda kemasan dan bau aja.)


Dan ini obat minum (Vitamin A) di resep ke-dua (yang aku ambil 2hari kemudian):
3 strips spt di atas (30 butir) -- 450rb

Aku sengaja tulis ulang ATTENTION-nya karna menurut bbrp sumber yang aku baca, obat ini bisa berbahaya utk ibu2 hamil!! Ngga boleh dikonsumsi klo lagi hamil!! Ini bukan jenis obat yang bisa dibeli bebas. Harus ada resep dokter! Dan kalau udah beli sekali, ngga dikasih copy resep!! 

Klik & baca deh link dibawah ini:

Roaccutane = Accutane
dan
Accutane or Roaccutane

Kamu bisa search lebih banyak lagi ttg kegunaan dan efek samping obat Roaccutane di Google yaa...!

Kesimpulannya adalah masalah kulit pada setiap manusia beda2, obat yang cocok utk aku belum tentu cocok utk yang lain! Biarpun ke dokternya sama; obat yang dikasih bisa beda (ini terbukti--> obat sabun muka punyaku beda dgn punya tanteku!) dan juga aku dikasih 2 jenis obat untuk diminum, padahal ada juga yang ngga dikasih. So, jangan dijadikan patokan obat-obat ini tapi konsultasi dulu ke dokter, supaya kita lebih ngerti ttg kulit kita dan dikasih obat yang pas!

Cost summary:
  • daftar awal = 10,000
  • konsultasi = 200,000
  • obat resep 1 (6 jenis) = 322,000
  • obat resep 2 (1 jenis, 30 butir) = 450,000
  • TOTAL = 982,000 (lbh murah dibanding beli produk Murad.)

Tanggal 19 Des'11 aku harus balik lagi utk dicek perkembangan!

INI UPDATE-AN CONTROL ULANG 

2 comments:

  1. Mahal banget ya kalo langung ke ownernya. Hampir satu juta.
    Makasih loh udah mau share

    ReplyDelete
  2. Gw jg dokter sini sya skit psoriasis cmn hbis 5 jtan

    ReplyDelete

Hi.. thanks for your comment, will reply as soon as possible :)